Wanita Indonesia Bercadar

Tips Mendapat Izin Bercadar


Tips Cerdas Mendapat Izin Orang Tua untuk Mengenakan Cadar :

1. Sosialisasikan Cadar sebelum Memakainya.
Sejak dini sebaiknya sering2 mensosialisasikan cadar di lingkungan keluarga dan orang2 terdekat.. pastikan bahasa2 yang digunakan yang ringan2 saja.. jangan terlalu serius.. boleh juga menunjukkan photo2 yang ada pada fanpage WIB. Syukur2 mereka ikut nge-like. hehe..

2. Ceritakan Hal2 yang Baik dari Wanita Bercadar.
Masih berkutat dengan sosialisasi, cari waktu yang tepat dan santai untuk menceritakan kepada orang2 terdekat tentang kisah2 positif dan inspiratif dari wanita2 yang bercadar.. (sampai di sini belum saatnya kita mengenakan cadar).

3. Ajak Teman Bercadar Main ke Rumah.
Ketika keluarga atau orang2 terdekat sudah terbiasa dengan istilah cadar, melihat photonya, mendengar kisah2nya.. kini saatnya kita ajak teman yang bercadar untuk main ke rumah. Buatlah kesepakatan dengan teman yang bercadar tersebut agar dirinya tidak canggung saat main di rumah kita, pastikan teman kita orangnya ramah namun tidak dibuat-buat.. alias asli 24 karat . (Oya sampai disini kita belum bercadar ya..)

4. Berikan Hadiah ke Orang Terdekat.
Yup.. misalkan orang terdekat itu ortu.. Saat teman yang bercadar tadi main ke rumah, ahsannya bawa hadiah untuk diberikan ke ortu. Istilah Wong Jowo, jangan lenggang kangkung. Ingat lho.. hadiah nggak harus mahal atau mewah, yang penting berkesan dan ikhlas ngasihnya.. . Ingat.. saling memberi hadiahlah, niscaya kalian saling mencintai.. (Sampai disini jangan bercadar dulu ya..)

5. Buka Cadarmu!
Kembali ke point 3, jangan canggung.. kalau misalkan sedang kumpul dengan ortu yang perempuan atau saudara perempuan dan bisa dipastikan tidak ada pihak lelaki ajnabi, saatnya katakan kepada teman kita.. "Ukhty buka saja topengmu.." eits.. itu mah liriknya si A*iel. :) Nah.. sampai tahap ini, moment kumpul sesama perempuan tadi jadikan ajang buat kita latihan pakai cadar di depan orang2 terdekat yang perempuan tadi.. tawarkan juga mereka untuk mencoba memakainya.. siapa tahu mereka ikutan pakai cadar semua kedepannya.. Alhamdulillah aamiin..

6. Komitmen dengan Akhlak Baik.
Akhirnya tahap 1 - 5 selesai.. gimana masih sabar? hehe.. ayo ukhty semangat because Allah.. kebaikan sekecil apapun akan mendapat balasan dariNya.. Tunjukkan terus akhlak baik kita, perhatian kita, ketaatan kita kpd ortu.. buat mereka senyum dan bahagia di samping kita.. "jangan jadi muslimah nyebelin" pernah baca kan buku dengan judul tersebut? Yang belum silahkan mampir ke Perpustakaan Annida. Promo sikit ye..

7. Saatnya Berubah!
Hmmm.. ortu dan orang2 terdekat sepertinya sudah pada klepek2 sama akhlak ukhty.. nggak ada salahnya kita coba buat surprise untuk mereka dengan perubahan kita yang "sudah pakai cadar". Keep smile ya.. meski hanya terlihat dari mata saja.. Sampai tahap ini silahkan adakan evaluasi tentang respon mereka.. jika sudah ada tanda2 lampu hijau, jangan berhenti donk ukhty sayank.. nanti ketabrak lho.. Ayo lanjutkan!

Selamat ya.. kini engkau menjadi muslimah yang semakin sempurna.. jangan lupa untuk menyempurnakan akhlak dan ilmu islam kita setiap harinya.. Salam ukhuwah dan salam cinta..

Photo: Soraya Abdullah

2 comments :